1. Terdapat 3 manajamen / agensi besar di Korea, JYP
Entertainment, YG Entertainment, dan SM Entertainment.
2. Di Korea menjadi artis bukanlah hal yang mudah. Ada 2 hal
paling utama yang menentukan layak atau tidaknya seseorang menjadi artis, SKILL
dan PENAMPILAN. Tapi tentu skill tetap nomor 1 karena bagi mereka penampilan
bisa diubah sewaktu-waktu.
3. Para 'calon artis' biasanya dilatih (di training) nyanyi,
dance, vocal, akting, juga kekompakan sesama member dan dilatihnya itu bukan
sebulan dua bulan tapi bertahun-tahun,
bahkan ada yg sampai 5 tahun lebih- sebelum akhirnya
didebutkan menjadi penyanyi. Tentu saja sebelum menjadi trainee (calon artis)
mereka harus melewati 3 tahap audisi.
4. Umur 'calon artis' yg dicari biasanya antara 12-17 tahun
dengan waktu trainee yang panjang, tapi sesuai sih dengan hasilnya.
5. Untuk para trainer semua kebutuhan ditanggung manajemen,
tapi bila trainer tersebut sudah debut (diorbitkan menjadi artis) biasanya
sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen,
hitungannya bayar biaya selama si artis di trainee.
6. Penyanyi korea yg masih muda-muda (kayak kpop grup gitu)
disebut IDOL disana
7. Idol korea DILARANG pacaran oleh manajemen mereka karena
akan sangat membahayakan karir mereka. Kalau usia mereka sudah lebih dari 30
tahun, baru di perbolehkan pacaran, itupun untuk manajemen tertentu.
8. Grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan
biasanya ga terlalu di gubris orang Korea sana
9. Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea,
MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core
10. Kalau suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara
music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown
11. Artis wajib mengikuti schedule yang sudah dibuat
manajemen selama 24 jam per 7 hari. Karena itu mereka harus tinggal di dorm /
asrama khusus.
12. Katanya nih wajah-wajah melayu susah kalo mau debut di
korea soalnya orang Korea kurang suka muka melayu.
13. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di
Korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa.
14. Korean fans itu loyal banget. Mereka rela menghabiskan
uang untuk beli CD, poster, dan barang2 lainnya yg berhubungan dengan idol
mereka
15. CD/Calendar/ dan merchandise KPOP lainnya adalah barang
yg paling laris di Korea. Produk-produk seperti kosmetik, baju, dll adalah
nomer kesekian buat mereka.
16. Kebanyakan Korean fans cuma punya 1 fandom / fanbase /
fansclub, tidak lebih. Paling banyak 2-3, mereka konsisten. Kalau dari awal
suka dengan satu grup, sampai kapanpun gak bakal ganti, tapi tetap ada
pengecualian. Misal fandom awal mereka ELF (fans Super Junior), sampai kapanpun
mereka ELF.. Kalau suka Shinee juga misalnya, mereka tidak akan menyebut diri
mereka Shawol. Paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee's
fans atau SNSD's fans bukan fandom! fandom mereka cuma 1
17. karena ke konsistenan mereka itu, walopun ada artis
dihadapan mereka, mereka tidak akan peduli kalau itu bukan bias / artis idola
mereka. Begitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalau yang
main itu salah satu dari kpop grup favorit mereka. Jadi jangan heran kalau
ketemu orang korea trus ditanya "kenal sama artis ini gak?" trus dia
jawab ga kenal padahal artis terkenal.
18. Penjualan album KPOP juga pasti melonjak kalau lagi
comeback. Biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD KPOP yg sama.
Alasannya? karena penjualan album kpop itu yg menentukan peringkat kpop idol
favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll. Menurut Korean Fans bukan
fans beneran kalo gak bela-belain beli album idol favorite mereka karena masuk
korean chart penting banget!!
19. Dikorea, ga cuma anak muda yang suka k-pop, kalo lagi
fanmeeting jangan kaget tiba2 lihat ahjumma / ibu-ibu ikutan ngantri.
20. Org korea sangat cinta dengan budaya mereka, dan
artis2nya dalam kesempatan yg pas diwajibkan mempromosikan apa saja tentang
Korea, mulai dari makanan, tempat wisata, dll. Jadi jangan heran kalau udah
liat orang korea menyantap makanannya pasti kita jadi ikut laper!
21. Kalau di SM Entertainment audisi menuntut Skill dan
Fisik. Sedangkan di JYP Entertainment selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga
ikut menentukan. Waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka,
dan harus ranking. Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu
kemudian nilai rapotnya turun drastis, maka akan dapat peringatan, setelah
dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarkan dari
JYP.
22. Dikorea ada berbagai macam acara tv yang kreatif, nah disitu
para artis-artis sana diminta menunjukkan kebolehannya. Kalo misal artis
tersebut bikin rating acara tv naik, maka jangan kaget kalau diacara-acara lain
artis tsb bakal sering muncul. (contoh acara tv korea: We Got Married, Strong
Heart, Running Man, Invisible Youth, Star Golden Bell, dll)
23. Persaingan para idol di korea itu kuat banget, karena itu
mereka sering oplas sana-sini biar tidak kalah saingan. Tidak jarang ada artis
yg bunuh diri karena tidak mampu bersaing dengan artis-artis lainnya.
24. SM, JYP, dan YG termasuk perusahaan yang berpengaruh di
Korea, karena artis dibawah manajemen mereka biasanya selalu sukses, dan
lonjakan saham mereka juga sedikit banyaknya mempengaruhi perekonomian korea.
25. Ada beberapa manajemen yg mewajibkan artisnya tinggal di
dorm karena padatnya jadwal mereka, kalau asli dari luar daerah, mereka harus
mau pindah ke seoul
26. Korean fans suka memberi hadiah bintang untuk artisnya
karena menurut mereka bintang itu abadi dan akan selalu diingat.
27. Korean fans tidak peduli idolnya oplas atau tidak,
menurutnya yang penting bagaimana idolnya sekarang bukan dulunya!
28. YG Entertainment tidak peduli penampilan seseorang, yang
terpenting skillnya bukan sekedar bagus namun harus luar Biasa dan orang
tersebut pekerja keras. (Contoh : CL dan Minzy)
29. Perbandingan artis yg debut dan artis yang gagal disaat
bersamaan adalah 1:10. Maksudnya jika hari ini ada 1 artis yg debut, berarti
disaat yang sama ada 10 artis yang gagal atau dikeluarkan dari manajemennya.
30. Korean fans tidak ragu untuk mendonasikan uang mereka
dalam jumlah besar buat fandom mereka, makanya fandom sana kaya2.
31. Fans korea adalah fans yang sangat posesif. Mereka paling
tidak suka liat artis idola mereka deket / bahkan pacaran sama artis lain. Jika
hal itu terjadi maka popularitas si artis dan pacarnya (yang juga artis) akan
turun drastis. Selain itu mereka tidak akan tinggal diam, korean fans biasanya
akan menyerang artis mana saja yang berani deketin artis idola mereka, tidak
jarang mereka juga main fisik.
Karena itu untuk para artis korea pacaran itu
DILARANG!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar